SAtu hal lagi yang terkait dengan LINUX yang menarik untuk dibahas. Uniknya, ini khusus untuk perempuan. Kali ini kita akan berkenalan dengan komunitas yang aktif mengembangkan linux. Anggotanya seratus persen perempuan. Komunitas ini disebut kelompok linux cewek atau singkatannya kluwek. Kluwek lahir dari sebuah obrolan ringan di antara para peserta International Linux Conference (ILC) 2007 di Yogyakarta. Mereka berinisiatif untuk membuat sebuah kelompok Linux perempuan. Tak lama setelah itu, tepatnya pada tanggal 8 Desember 2007, situs www.kluwek.linux.or.id pun di luncurkan.
Nur Aini Rakhmawati, Yuyun, K Soemoprawiro, dan Hesti Herawati tercatat sebagai tiga anggota pertama kluwek. Tak hanya bermodal semangat, tiga perempuan ini ternyata memiliki kecintaan dan prestasi menonjol di Bidang Tekhnologi Informasi (TI). Nur Aini misalnya, adalah perempuan pertama di dunia yang bergabung dengan Joomla! Development Working Group. Ibu satu anak ini tengah menyelesaikan program Doktoralnya di Galway, Irlandia.
Antusias perempuan pencinta TI terhadap Kluwek sangat bagus. Terbukti, saat mengadakan kopi darat lalu, tercatat kurang lebih 700 perempuan yang hadir. Mereka berasal dari latar belakang yang berbeda. Ada Mahasiswi, Ibu Rumah Tangga , Pekerja LSM, dan lain-lain. Meski berbeda, seluruh anggota Kluwek punya tiga kesamaan yaitu, perempuan, WNI, dan tentunya suka Linux. Inilah tiga syarat sederhana menjadi anggota Kluwek.
Selaras dengan misinya sebagai wadah berkumpul, berbagi, dan bertukar ilmu pengetahuan, Kluwek juga memungkinkan para anggotanya bertanya dan berbagi solusi seputar tekhnik pemakaian Linux melalui situs mereka. Tak lupa bertukar cerita tentang kemajuan masing-masing anggota dalam memanfaatkan Linux.
Naahhh, saat di dunia maya anggota yang online tidak terlihat nama sebenarnya. Mereka malah menggunakan ID dan username yang diambil dari nama bumbu dan sayuran. Jadi, saat bertemu itu, layaknya sebuah pasar, sebab ada si pandan, selasih, bawang putih, lada, sampai kemirih. Seruuu…!!!
Banyak hal yang bisa kita peroleh di www.kluwek.linux.or.id pada kategori ‘berita’ kita dapat melihat berbagai informasi tentang Linux atau open source. Sedangkan cerita-cerita inspiratif dari Kluweker tersaji di ‘inspirasi’ atau jika kita mau tahu informasi seputar kegiatan off air, tinggal klik ‘kegiatan’ kita juga bisa mengintip profil setiap angota di ‘kluweker’. Dan tentu saja beragam ilmu dan tip mengoptimalisasi Linux bisa kita gali di ‘Tutorial’, seperti cara plug in al-quran di Open Office Writer.
Untuk menambah keakraban antar anggota Kluwek juga menggelar berbgai kegiatan off air alias kopi darat . Berbagai Seminar pengenalan Linux bahkan lomba Foto, mereka adegan. Tujuannya untuk mengubah persepsi masyarakat, khususnya perempuan tentang Linux yang konon sulit dan tidak menarik . Nah siapa bilang perempuan tak melek iptek???. Didi Muardi

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 2010 • TRY TO THE BEST • Design by Dzignine