Dekat dengan Allah melalui Linux Sabily Al Qudus

Seharian bekerja menggunakan computer, selain mengakibatkan mata lelah, badan pegal, ternyata bisa juga menjadikan kita jauh dari Allah. Terang saja, karena kita terpaku menyelesaikan tugas sampai-sampai tak sempat berzikir bahkan tak tau waktu sholat.
Nah, kehadiran Sabily Al Quds 10.10 jadi semacam magnet untuk kita selalu dekat dengan sang pencipta. Bagaimana caranya ? lewat fitur-fitur islami yang dimilikinya, varian Linux Muslim Edition (ME) terbaru ini membuat penggunanya tak kehilangan ‘ panduan’ untuk beribadah.
Sebut saja, penunjuk waktu sholat. Fitur ini bukan hanya penunjuk waktu sholat sesuai zona waktu kita tapi juga mampu memperlihatkan arah kiblat yang tepat dan mengumandangkan adzan ketika waktu sholat tiba. Tak lupa, saat pertama kali menyalakan Komputer, Sabily akan langsung memberitahu anda tentang tanggal hijriya yang jatuh pada hari itu. Ini akan sangat membantu kita untuk mengingat jadwal puasa-puasa sunah, seperti shaum ayamul bidh, dan lainnya.
Saat asyik mengoprasikan computer, Sabily pun mengajak kita berdzikir. Setiap lima menit, di kanan atas muncul balloon ‘monajat’ yang berisi kutipan zikir al-masturat. Tak hanya itu, Sabily juga terus mengajak kita mengingat Allah lewat pointers-nya yang selalu dihiasi kata subahanallah, Alhamdulillah,laa ilaha illallah, dan allahu akbar dalam huruf arab, secara bergantian.
Sebagai Operation Systemi (OS) Islami, Sabily memiliki tiga jenis software Al-Quran yaitu : Alfanous, Noor, dan Othman qur’an browser. Alfanous berguna untuk mencari kata dalam Al-Quran sedangkan Noor dan Othman Qur’an Browser untuk menampilkan Al-qur’an sesuai dengan surat ayat, dan juz yang kita minta. Perbedaan keduanya hanya pada alat navigasi untuk melihat tampilan.
Apa yang paling istimewa dari penampilan Sablily ? Jawabanya, Muslim Directory. Tautan Ini berisi berbagai macam referensi keislaman yang sangat lengkap, mulai dari Al-quran, kitab-kitab hadist, tautan-tautan , bahkan kamus dan penghitungan zakat secara online.
Koleksi kitab hadist,misalnya, menyediakan isi kitab sahih Bukhari, Sahih Muslim, Hadist Qudsi, sampai kitab hadist Al Muwaththa karya Imam Malik yang terkenal itu. Semuanya bisa anda nikmati dalam bahasa Indonesia dan bahasa lainnya sesuai keinginan anda. Selai beberapa yang sudah disebutkan, masih banyak Islamic tools lain yang bisa anda nikmati disini.
Melihat fitur-fiturnya dan prinsip pendistribusiannya yang bersandar pada budaya berbagi dan jauh Dari nafas kapitalisme, Linux Sabily pantas digelari OS nomor Wahid.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 2010 • TRY TO THE BEST • Design by Dzignine