Budaya Dan Karifan lokal di Sumenep untuk sumenep di masa depan

Sejenak kata Sumenep sudah akrab terdengar di telinga kita. Yap benar , Sumenep adalah salah satu dari empat Kabupaten di Pulau Madura. Sumenep merupakan Kabupaten paling timur atau bisa disebut batas timur Pulau Madura. Bicara tentang Batas berarti berkaitan dengan lautan, karena 70 % daerah Indonesia terdiri dari lautan, jadi di Kabupaten Sumenep juga kita dapat menemukan lautan-lautan yang terhampar luas. Kabupaten yang memiliki luas wilayah 2.093,45 km² dan populasi ±1 juta jiwa in, juga merupakan Kabupaten yang terkenal memilik beragam Budaya, dan kearifan local lainnya. Bicara tentang Budaya dan kearifan lokal yang ada di Sumenep itu sangatlah banyak sekali. Baik itu yang merupakan warisan turun-temurun atau kekayaan alam yang ada di sekitar Kabupaten Sumenep.
Saat sekarang, Kabupaten Sumenep tidaklah begitu berkembang. Karena Masyarakat Sumenep kurang pintar dalam mengelolah budaya, dan kearifan local yang mereka punya. Sumenep di Masa depan akan lebih maju dan berkembang jika masayarakatnya lebih pintar dalam mengelolah keayaan dan kerifan local yang ada.
Untuk Sumenep masa depan yang lebih cerah, kita harus membenahi aspek-aspek yang ada di dalamnya. Aspek yang juga bisa memberikan kesempatan Bagi Sumenep untuk menggapai masa depan yang lebih baik lagi. Aspek itu diantaranya adalah : Aspek Ekonomi, Pendidikan, Sosial, Budaya, Politik, dan yang terakhir adalah Aspek Agama.
Aspek pertama yaitu Aspek Ekonomi . Sumenep dalam hal mengembangkan daerahnya di bidang ekonomi. Selama ini, Sumenep Dalam hal pendapatan daerah bisa dikatakan masih dibawah standart. Hal itu karena, Masyarakat Sumenep kurang terampil dalam mengelolah potensi-potensi yang ada di daerah Sumenp sendiri . Hal yang dapat di lakukan adalah. Dari data yang ada Sumenep merupakan Kabupaten yang memiliki income terbesar di Pulau Madura. Hal ini karena Sumenep memilki daerah sumber gas dan minyak yang cukup besar yang ada di Pulau Pagerungan. Nah, hal itu menjadi kesempatan besar bagi Kabupaten Sumenep dalam memperbaiki keadaan ekonomi yang semakin hari-semakin menurun. Selain dalam hal perminyakan Sumenp unggul juga dalam hal peternakan. Dikatakan demikian karena Sumenep memiliki Sapi khas yang merupakan sapi terbaik se-Indonesia. Karenakualitas daginggnya yang bagus, Sapi ini banyak di ekspor ke luar daerah. Tapi Jumlah pengeksporannya dibatasi dan hanya sapi jantan yang boleh di ekspor. Hal ini karena Sapi Madura Hanya boleh di ternakkan di wilayah Madura. Nah, dua hal ini yang akan mmeberikan peluang besar bagi Sumenep dalam hal ekonomi. Hal ini juga bisa kita lihat dari Adanya Jembatan Suramadu. Jembatan ini harusnya mempermudah aktivitas ekonomi dari pualu garam ini.
Yang kedua dalam Aspek Pendidikan. Pendidikan itu sangatlah penting. Tapi masyarakat Sumenep masih banyak yang beranggapan pendidikan itu tidak penting. Mereka hanya berfikir kalo kita sekolah itu hanya untuk menghabiskan uang. Pernyataan ini harus segera di tepis karena bagaimanapun juga semua orang butuh ilmu yang di dapat dari pendidikan unhtuk membangun hidup, dan daerahnya. Diakaui atau tidak Kabupaten Sumenep merupakan Kabupaten yang tingkat pendidikannya lebih rendah di bandingkan dengan 3 kabupaten di Madura. Tapi sedikit demi sedikit Sumenep memnepisnya dengan bermunculannya sekolah-sekolah RSBI hingga SBI yang merupakan standart Internasional. Hal ini menunjukkan semakin baiknya pendidikan di Sumenep, Tapi kendalanya adalah di bidang ekonomi atau pembiayaan Pantas saja mereka berfikir pendididan itu tidak penting karena hanya orang-orang yang berduit yang mendapatkan pendidikan yang baik.
Yang ketiga Aspek Soosial-Budaya , dalam hal seari-hari MAsyarakat Sumenep merupakan masyarakat yang halus tuutur katanya dazn lemah lembut. Hal ini karena masih terpengaruhnya budaya keratin Jawa. Sedangkan dalam aspek Budaya banyak sekali budayabudaya yang dapat mendukung kemajaunKAbupaten Sumenep kedepannya. Sperti contoh tari muang sangkal Topeng dhalang yang sering dipentaskan di luar daerah. Baru-baru ini kabupaten Sumenep mengutuskan delegasinya ke Jakarta untuk pementasan Budaya. Yakni pementasan tari muang sangkal, Ul-daul dan Orkes dangdut Yu dewi. hal ini sangat bagus sebgai langkah utama menembus internasioal. Budaya ini tak hanya mencakup seni pementas. Sumenep tourism object juga merupakan budaya yang wajib lestarikan. Contohnya tempat wisata yang belum disentuh oleh tangan pemerintah (Tanah Kapor, Pantai Badur, Pantai Ponjuk). Semua object wisata itu akan menambah devia bagi kabupaten Sumenep.
Dalam Aspek agama masyarakat Sumenep masih bisa diktakan kuat iman , dalam menghadapi tantang dunia global. Mulai dari pembangunan Jembatan SuraMadu masyarakat Sumenep lebih gencar dalam hal memperkuat Iman.
Satu Aspek lagi dalam hal ini adalah Kebersihan, dan tata Kota. Sumenep sejak tahun 2008 sudah mendapat pengghargaan Adipura oleh pemerintah. Hal ini Karena kebersihan kota Sumenep ini masih terjaga dan asri. Jalanan seputar kota, Taman adipura, dan perkantoran masih indah untuk di pandang mata. Tata Kota Kabupaten Sumenep masih terlihat cukup teratur dengan penataan kota yang sesuai dengan tempatnya. Seperti Pusat perbelanjaan dan pertokoan yang terletak di Pusat Kota.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 2010 • TRY TO THE BEST • Design by Dzignine